Riwayat Singkat Program Studi

Program Studi Teknik Pertanian (PSTEP) saat ini, merupakan salah satu program studi di Universitas Udayana yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Program studi ini mulai berdiri/menerima mahasiswa baru tahun 2005, berbarengan dengan terbentuknya Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) di Universitas Udayana. Pada tahun 2008, PSTEP pertama kalinya meluluskan sarjana sebanyak 2 (dua) orang dan hingga tahun 2018, jumlah mahasiswa aktif sebanyak 194 orang dan tercatat sudah memiliki 99 orang alumni.

Pada tahun 2010-2013, PSTEP melaksanakan Program Hibah Kompetensi Institusi (PHKI) untuk meningkakan mutu pendidikan, SDM dan sarana prasarana pembelajaran yang didanai oleh DIKTI. Selain itu, pengembangan program studi juga dilaksanakan melalui kerjasama kemitraan dengan universitas luar negeri antara lain Texas A& M University, USA dan Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT), Jepang. Kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat pengembangan kelompok bidang keilmuan, yaitu (1) Pengelolaan Sumber Daya Alam, (2) Rekayasa Alat dan Ergonomika, (3) Sistem Manajemen Teknik Pertanian, dan (4) Teknik Pascapanen. Dalam rangka memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan memenuhi kebutuhan akan pembangunan pariwisata di Bali, PSTEP mengembangkan dua bidang penelitian unggulan program studi (PUPS) yang dinamakan dengan :

(1) Community Based Precession Farming Systems, and
(2) Small-scale Horticultural Value Chain Management and Engineering.

Hingga saat ini, PSTEP sudah tiga kali mengajukan penilaian akreditasi oleh BAN-PT. Penilaian pertama mendapat hasil akreditasi peringkat B (skor 318) untuk periode 2008-2013, penilaian kedua mendapat hasil akreditasi dengan peringkat B (skor 338) untuk periode 2014-2019, dan penilaian yang ketiga mendapat hasil akreditasi dengan peringkat A (skor 361), untuk periode 2018-2023.

Arah pengembangan program pendidikan teknik pertanian ke depan adalah menjawab berbagai tantangan dalam mengahadapi era revolusi industri 4.0, yakni memanfaatkan pendekatan teknik (engineering) secara luas termasuk digitaliasi dalam bidang pertanian yang sangat dibutuhkan untuk melakukan transformasi sumber daya alam secara efisien dan efektif untuk pemanfaatannya oleh manusia.

Koordinator Program Studi
Dr. Ir. I Wayan Widia, MSIE
NIP. 196207191985121001